Mengenal 5 Tips Fotografi Khusus Pemula Menggunakan Kamera Mirrorless

Sebagai orang yang baru menekuni dunia fotografi maka biasanya akan menganggap bahwa kamera DSLR yang sangat berat dan harganya mahal itu merupakan pilihan terbaik untuk mengabadikan momen. Namun, sebaiknya Anda perlu mengetahui bahwa ada kamera mirrorless yang bisa dijadikan sebagai pengganti DSLR sehingga Anda bisa lebih nyaman jika ingin travelling sembari berburu foto, karena pada dasarnya kamera mirrorless itu tidak seberat dan sebesar DSLR. Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips terbaik terkait dengan fotografi yang menggunakan kamera mirrorless.

  • Mengenal perbedaan kamera mirrorless dan DSLR

Dari segi bentuk dan ukurannya saja, sudah bisa dibedakan dengan jelas, bahwa DSLR lebih besar dan berat, sedangkan mirrorless sebaiknya lebih kecil dan ringan sehingga lebih mudah untuk dibawa bepergian. Sesuai namanya, kamera mirrorless tidak memiliki cermin sehingga fokus pun akan lebih mudah serta tidak ada getaran saat proses pengambilan foto. Bukan hanya itu saja, kamera mirrorless juga dilengkapi dengan viewfinder elektronik sehingga hasil akhir foto dapat langsung terlihat.

  • Jangan lupa selalu persiapkan baterai cadangan

Baterai pada kamera mirrorless lebih cepat terkuras, sebab adanya fitur viewfinder dan stabilizer yang disematkan dalam kamera mirrorles termasuk cukup banyak menguras daya, oleh sebab itu, usahakan untuk selalu membawa baterai cadangan.

  • Gunakan hand strap

Memanfaatkan penggunaan hand strap memang dirasa lebih cocok daripada menggunakan gantungan leher yang malah membuat leher Anda berpotensi jadi pegal. Oleh sebab itu, jika Anda ingin kamera mirrorless tidak mudah jatuh, jangan lupa menggunakan hand strap.

  • Jepret foto secara perlahan tidak perlu tergesa-gesa

Perlu diketahui, bahwa kamera mirrorless ini termasuk lambat untuk dapat menghasilkan foto. Maka dari itu agar hasil foto jernih sesuai dengan apa yang Anda harapkan, sebaiknya Anda lebih bersabar untuk bisa mendapatkan angle foto sehingga hasil foto pun akan tidak blur.

  • Foto dengan tujuan

Dalam hal ini maksudnya adalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kamera mirrorless ini lebih lambat pada saat memproses foto, dan kurang bagus jika digunakan untuk mengabadikan objek bergerak. Oleh sebab itu jangan asal dalam menjepret, melainkan pastikan terlebih dahulu angle yang tepat baru kemudian setelah yakin lakukan pemotretan.

Kelima tips tersebut jika diterapkan dengan benar maka akan bisa membuat Anda semakin berpotensi untuk menjadi seorang fotografer handal. Jangan lupa pula untuk selalu berlatih dengan cara melakukan praktik secara rutin sehingga Anda akan lebih mudah pada saat menentukan angle ketika menggunakan kamera ini. Latihan rutin akan membuat Anda dapat menghasilkan foto dari kamera mirrorless sejernih foto yang dihasilkan dari kamera DSLR.